Tips & Trick

6 Tips Sukses Interview Kerja

6 Tips Sukses Interview Kerja

Interview menjadi bagian vital dalam proses penerimaan pada perusahaan, selain data diri dan dokumen-dokumen pendukung. Dikatakan menjadi proses yang vital dikarenakan, pada proses ini perusahaan dapat menilai secara langsung melalui komunikasi interaktif berupa tanya-jawab serta menceritakan diri seorang calon karyawan. Karakter dan nilai-nilai diri seorang calon karyawan dapat dinilai dan hasil interviewnya akan menjadi penentu, diterima atau tidak. Ini dia 6 tips sukses interview kerja ala PRABU, simak ya Kawan.

 

1. Persiapan yang matang.

Untuk menjadi sukses atau menang pada kompetisi, sudah semestinya persiapan serta perencanaan menjadi langkah awal. Pada proses ini, kita dapat mencari informasi mengenai perusahaan. Informasi perusahaan tidak hanya pada nama perusahaan, pendiri, jajaran manajemen, atau visi misi perusahaan saja; namun budaya perusahaan serta pekerjaan pada posisi yang kita lamar menjadi hal penting juga dalam tahap persiapan,

 

2. Dress to impress

Berpakaian on-point akan memancarkan karakter yang kuat. Dikutip dari weforum.org, diambil dari Wall Street Journal, penelitian menjelaskan bahwa berpakaian yang bagus di kantor akan memperngaruhi cara orang memandang kita, seberapa percaya dirinya kita, dan kemampuan berpikir kita secara abstrak. Oleh karena itu, menyesuaikan pakaian sesuai dengan pakaian karyawan perusahaan yang kita lamar memberikan point tambahan saat interview.

 

3. Skill komunikasi

Komunikasi menjadi esensi dalam sebuah interview. Melihat seberapa pentingnya kejelasan dalam menyampaikan hal yang di perlukaan saat interview yang berkesinambungan serta pembawaan yang tenang menjadi salah satu catatan dalam penilaian. Cara berkomunikasi kita akan menggambarkan bagaimana kita di mata perusahaan.

 

4. Mendengarkan dan berpikir sebelum berbicara

Skill mendasar seseorang berkomunikasi yang baik adalah bagaimana mendengarkan pesan yang disampaikan serta memproses jawaban atau umpan balik dengan bahasa dan pesan yang tepat. Ketepatan dan kesinambungan seorang calon karyawan menjawab pertanyaan perekrut, menjadi catatan penilaian. Dari sini kita dapat dinilai juga seberapa komunikatif nya kita.

 

5. Tampilkan ketertarikan, bukan keputus asaan

Posisi lamaran memang biasanya tidak hanya 5-10 orang peminat saja, namun dapat lebih dari itu tergantung perusahaan dan posisi yang dibutuhkan. Memang, ketika posisi atau perusahaan yang kita lamar mungkin adalah perusahaan yang bonafit dan bagus secara manajemennya, sehingga kita memiliki keetertarikan yang berlebihan juga tidak baik. Menampilkan ketertarikan dengan menampilkan seberapa solutifnya kita dimata perusahaan menjadi salah satu hal yang menjadi landasan utamanya. Memiliki kepercayaan diri yang baik juga akan mempengaruhi bagaimana kiita akan membawa diri kita, bernilai atau putus asa karena belum diterima diperusahaan manapun. Orang bijak pernah berpesan,"Jodoh tidak akan kemana, karena rezeki Tuhan sudah atur sesuai kebutuhan hambanya.".

 

6. Menunjukan rasa syukur

Kenapa menjadi perlu untuk "menunjukan rasa syukur" kita bahwa kita dapat mengikuti proses interview pada perusahaan tersebut? Karena sebagai calon karyawan dalam tahap seleksi yang mungkin diikuti oleh puluhan atau bahkan ratusan karyawan, kita dapat lolos terpilih dan diinterview oleh perekrut. Disini kita juga menunjukan seberapa tertariknya kita pada perusahaan yang kita lamar ini.

 

Itulah 6 tips sukses dalam interview ala PRABU. Menurut #KawanPrabu , tips mana yang Kawan selalu pakai? keenam-enamnya, atau beberapa diantaranya? Atau bahkan ada tips lain yang Kawan gunakan? Kalau ada tips lain yang Kawan gunakan dan sukses saat proses interview, bagi-bagi tipsnya ke admin di email atau social media PRABU ya Kawan.

Akhir kata, Sukses untuk Kawan yang sedang mencari kerja atau sedang mengincar pekerjaan yang diharapkan.