Tips & Trick

Cara Membedakan Sepatu Kulit Asli Dalam 10 Detik

Cara Bedain Sepatu Kulit Asli

Masa sih bedain sepatu kulit cuma butuh waktu 10 detik? Simak ulasan ini untuk tau cara bedain sepatu kulit ketika belanja di toko offline ataupun ketika jalan ke mall. Berikut penjelasannya:

1. Baca Material Label Tag

Cara pertama ini paling ampuh untuk Kawan bisa deteksi atau tau bahan apa yang digunakan dalam sepatu yang ingin dibeli. Label tag ini akan lebih banyak dalam bentuk gambar. Gambar yang ditampilkan akan dipisahkan menjadi 2 bagian.

Bagian pertama akan menjelaskan bagian-bagian sepatu, diantaranya: Upper (bagian atas), Insole (sisi dalam) sepatu, dan Outsole (bagian bawah & tapak). Lalu di bagian kedua akan menjelaskan materials atau bahan yang digunakan pada setiap bagian sepatu. Biasanya pada label yang di cetak tidak ada tulisan penjelasan materials, melainkan dengan berupa gambar saja. Seperti pada penjelasan pada gambar diatas, simbol materials yang digunakan merepresentasikan bahannya. Label ini biasanya di tempel pada bagian bawah sepatu, namun terkadang ada yang tidak menempelnya. Jika kalian tidak menemukannya, lakukan langkah kedua.

 

2. Cium Baunya (Smoky Smell)

Cek aroma/ bau sepatu pada bagian upper, kerap kali dijumpai menjadi salah satu metode yang dilakukan. Bahan kulit tentunya memiliki aroma tersendiri. Kulit asli memiliki aroma yang menyengat. Biasanya sepatu yang menggunakan bahan PU tidak mengeluarkan bau.

 

3.Cari Natural Marks

Bahan kulit asli tentunya memiliki pori-pori dan tanda kulit yang khas. Pada bagian Upper, kulit asli terlihat pori-pori dan memiliki keunikan natural marks. Berbeda tentunya dengan bahan kulit PU yang cenderung rapih dan bersih (clean). Ada istilah yang tepat untuk itu "Perfect in imperfection". Walaupun memang memakan waktu untuk melihatnya secara jelas ketika dimakan usia, cara ini menjadi deteksi awal untuk mengetahui sepatu yang ingin kamu beli. Kulit asli akan aging ketika dimakan usia, kalau bahan PU akan terkelupas/ ngelotok.

 

Tentunya semua sepatu yang diproduksi Prabu menggunakan bahan kulit sapi asli. Jadi Kawan Prabu tidak perlu khawatir. Kalau nggak percaya? Coba ikuti langkah diatas dan mampir ke Offline Store Prabu Indonesia di Gandaria City Mall, Lantai 2 Unit 235, Jakarta Selatan. Gas!