EVENT

Padu Padan Busana Pria Pakai Brand Lokal agar Tampil Trendi

Mix and match busana pria memakai brand lokal(Dok. Tokopedia)

KOMPAS.com - Merek busana pria buatan lokal semakin pantas untuk dijadikan pilihan utama saat kita ingin bergaya kasual atau formal.  Di platform belanja online Tokopedia, kategori fashion menjadi produk terlaris dan tercatat ada lebih dari 1,8 miliar item fashion, termasuk busana pria. Miliaran produk tersebut dipasarkan dengan harga transparan oleh lebih dari 14 juta penjual yang hampir 100 persennya pelaku UMKM lokal. "Kami terus mengajak masyarakat makin bangga dan memakai produk buatan Indonesia," kata Aldhy Darmayo, Head of Category Development Tokopedia dalam keterangan pers. Untuk tampilan lebih trendi dan kece, simak tips padu padan busana pria berikut ini:

1. Pakai sepatu kulit untuk gaya formal yang modis

Sepatu kulit Prabu Indonesia(Instagram / @prabuindonesia)

Sepatu kulit bisa menjadi pilihan untuk mix and match tampil ke acara formal. Terkenal dengan ketahanannya, sepatu kulit juga bisa memberi kesan profesional dan sleek.  Salah satu jenama fesyen lokal yang direkomendasikan untuk sepatu kulit adalah Prabu. Jenama yang satu ini mengutamakan konsep sepatu kulit stylish, menggunakan material kulit sapi asli Indonesia yang terkenal akan kualitasnya.


2. Gaya semi formal dengan motif wastra
Busana motif wastra Fatih Indonesia(Dok. Tokopedia)

Pada acara semi formal seperti gathering atau meeting di luar, pria bisa tampil lebih menarik dengan busana bermotif wastra seperti batik atau motif tenun. Hal itu pun terbukti bahwa kebanyakan pria di platform belanja online itu, pencarian batik tercatat sangat tinggi. "Produk batik pria menjadi salah satu yang terlaris dibeli di semester 1 2023," kata Aldhy. Salah satu brand fesyen lokal yang dapat dipilih adalah Fatih Indonesia. Jenama yang satu ini mengandalkan padanan busana bernuansa motif batik dengan kombinasi warna netral sehingga cukup fleksibel untuk digunakan ke berbagai acara semi formal.

 

Mix and match busana pria dengan gaya streetwear(dok. Tokopedia)

 

3. Mix and match tampilan smart casual dan edgy

Mengombinasikan berbagai tekstur dan material bahan pada busana pria bisa menjadi cara mudah untuk tampil dengan konsep smart casual. "Misalnya memakai kemeja flannel, celana chino lalu dipasangkan dengan produk lain yang memiliki tekstur berbeda seperti jaket bomber atau jaket kulit," papar Aldhy. Berbagai padanan mix and match busana pria untuk tampilan smart casual ini bisa didapatkan melalui brand Broodis.

 

4. Mix and match dengan sentuhan retro dan streetwear

Belakangan ini, gaya retro dan streetwear cukup populer di kalangan anak muda. Kamu bisa mengadopsi gaya retro ini dengan padanan busana graphic t-shirt atau varsity yang dikombinasikan dengan elemen streetwear seperti sneakers dan celana cargo.


Mix and match dengan gaya yang lebih sporty(Dok. Tokopedia)

Para pria bisa mendapatkan berbagai koleksi busana bernuansa retro itu di jenama Rawtype Riot dan Roughneck 1991.

 

5. Tampilan sporty dan athleisure

Tampilan yang sporty juga dapat menjadi gaya berpakaian sehari-hari yang nyaman. Misalnya mix and match dari sepatu olahraga, jersey, training pants yang dikombinasikan dengan hoodie atau denim. Gaya ini sangat cocok untuk pria yang gemar berolahraga dan tetap tampil lebih fashionable. Berbagai pilihan brand lokal untuk mendukung gaya sporty ini meliputi Spotec dan Larocking.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Padu Padan Busana Pria Pakai Brand Lokal agar Tampil Trendi", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2023/08/07/133013720/padu-padan-busana-pria-pakai-brand-lokal-agar-tampil-trendi?page=3.

Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6