EVENT

Indonesian Golf Community : Prabu Indonesia, Sepatu Buatan Indonesia Dari Bahan Sapi Yang Telah Mendunia

Indonesian Golf Community : Prabu Indonesia, Sepatu Buatan Indonesia Dari Bahan Sapi Yang Telah Mendunia

Brand lokal kini makin menunjukkan eksistensi dan kualitas yang tak kalah saing dengan produk mancanegara. Salah satunya PRABU Indonesia yang telah berhasil mengambil hati para pecinta sepatu untuk memburu brand yang terbuat dari kulit sapi asli.

Prabu Indonesia yang lahir pada tahun 2011 ini tak lepas dari kerja keras dan kecintaan sang founder terhadap sepatu. Ia bernama Lisa Yumi, pemilik PRABU Indonesia yang telah berhasil mewujudkan dan menciptakan brand-nya sendiri.

Sebelum PRABU Indonesia tercipta, Lisa pernah bekerja selama empat tahun di salah satu bank ternama. Namun melalui cita-citanya yang bulat serta keinginan yang kuat, maka ia membangun usahanya sendiri. Lisa mewujudkan keinginannya tersebut untuk membangun usaha di bidang sepatu.

Lisa mengutarakan sangat mencintai sepatu. Bahkan selama ia berbelanja sepatu kulit bersama suami, sering kebingungan untuk mencari sepatu yang sesuai dengan selera. Dari sinilah, Lisa dan sang suami menemukan ide untuk membangun usaha sepatu yang diberi nama PRABU.

"Saya memilih usaha sepatu karena sepatu adalah passion saya. I love shoes. Mulai dari stiletto, wedges, flats, boots, sneakers, dsb. Bermula dari kesulitan mencari sepatu kulit yang nyaman di kaki & nyaman di kantong, akhirnya saya dan suami memiliki ide untuk membangun usaha sepatu dengan brand sendiri. I am so lucky to be able to do what I love.", ungkap Lisa kepada Golf Community.

Saat ditanya mengenai penamaan PRABU, alumni Universitas New South Wales ini menjelaskan PRABU dalam bahasa Jawa memiliki arti Raja. "Saya ingin, semua customer PRABU atau akrabnya kita sebut #kawanprabu merasakan bahwa mereka semua bagaikan raja. Untuk #teamprabu baik pre-salesdan after-sales service yang kami berikan.", ungkapnya.

Semakin berjalannya waktu, bisnis sepatu milik Lisa Yumi semakin berkembang. Bisnis yang ia kerjakan bersama suami dan dua orang pekerja kini berubah menjadi home industry, yang lambat laun memiliki pabrik.

Pada tahun 2018, Lisa semakin meningkatkan kualitas sepatu miliknya yakni dengan menggunakan kulit sapi lokal Jawa. Yang tadinya hanya mempunyai dua orang pekerja, kini PRABU Indonesia memiliki 170 pegawai.

Selain kualitasnya yang tak kalah saing dengan produk-produk lain, PRABU Indonesia menghadirkan price dengan harga yang ramah di kantong. Harganya dibanderol mulai dari Rp. 3000.000 - Rp. 1.000.000 dengan segmen pasar usia 24-45 tahun.

Selain di Indonesia, brand ini telah dikenal sampai ke mancanegara. Sebut saja telah berekspansi ke berbagai negara seperti Singapura, Australia. Bahkan, Lisa berharap dapat tembus ke pasar Jepang.

Produk PRABU Indonesia telah banyak digunakan oleh selebritis Tanah Air, mulai dari Ade Rai bahkan Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno mendukung penuh dan memakai brand ini.

Dan, tidak diragukan lagi PRABU Indonesia menghadirkan desain yang keren, modis, trendy, dan kekinian. "Untuk inspirasi tentunya kami mengikuti trend, baik lokal maupun international. Setelah berjalan, kami selalu membuat forecast internal berdasarkan feedback #kawanprabu dan juga eksplorasi lebih lagi dari #teamprabu.", terang Lisa.

Nah, untuk dapat melihat lebih detail produk-produk dari brand PRABU Indonesia, bisa lho Anda kunjungi website-nya di prabu.id atau dapat langsung mengunjungi laman Instagram pada @prabu.indonesia

Sebelum menutup sesia wawancara, Lisa Yumi menyampaikan harapan agar produknya ingin dieksplor lebih jauh dan bisa menjangkau seluruh Indonesia. "Saat ini, sepatu faux leather atau kulit palsu menguasai mayoritas pasar Indonesia. Saya berharap ke depannya agar bisa mengedukasi Indonesia mengenai kelebihan sepatu kulit dengan memberikan produk-produk yang consistently berkualitas dan memuaskan.", harapnya.

Source: Athalia Wika, Majalah Indonesia Golf Community, Oktober 2022.